Selasa, 01 April 2014

HACCP PLAN (1)

Rencana HACCP

untuk Es Krim Diamond dan Yoghurt Diamond

 

 

Rencana HACCP ini disusun oleh Tim HACCP

Tanggal Persiapan :  05 Januari 2014




Bahaya :
Biologi:
Tujuan utama pembuatan HACCP ini adalah untuk menghindari dan atau mengurangi tingkat signifikan kontaminasi mikrobiologi pada es krim diamond dan yoghurt diamond.
Fisik dan Kimia:
Untuk menghindari kontaminan fisik dan kimia ke es krim diamond dan yoghurt diamond.




Deskripsi Produk :
Es krim Diamond
Es krim diamond merupakan es krim rasa strawberry yang sehat dan alami karena semua bahan yang digunakan merupakan bahan alami dan bernilai gizi tinggi.  Es krim diamond memiliki cita rasa yang lembut dan meleleh di mulut karena mengandung susu sapi murni kaya kalsium yang diperoleh dari peternakan lokal di kabupaten Batu Jawa timur . Rasa asam dan manis strawberry mendominasi dengan komposisi yang sesuai menjadikan es krim diamond lebih disukai oleh konsumen. Warna merah pada es krim didapatkan dari buah strawberry pilihan terbaik yang didapatkan langsung dari petani lokal malang.
Es krim ini memiliki beberapa manfaat kesehatan yang berasal dari khasiat buah strawberry. Buah strawberry berkhasiat untuk menjaga kesehatan mata karena dapat menurunkan degradasi mata, menjaga kesehatan kulit karena mengandung antioksidan, menjaga kesehatan jantung karena dapat menurukan resiko penyakit jantung dan stroke, menjaga kesehatan otak karena dapat menurunkan risiko penyakit alzheimer dan demensia,
Komposisi es krim diamond strawberry antara lain: susu sapi murni, bahan campuran es krim (kuning telur, skim bubuk, gula, gelatin kedelai), dan strawberry.
Kandungan nutrisi dalam es krim diamond strawberry dapat dilihat dalam tabel dibawah ini:
Kandungan nutrisi
Per 250 gr
Energi
786.1 KJ
Protein
2.89 g
Karbohidrat
22.17g
Gula
22.17g
Lemak
10.09 g
Lemak jenuh
6.33 g
Fat (%)
4.45 %
Overrun
155.56 %










Yoghurt Diamond
Yoghurt diamond merupakan yoghurt rasa strawberry yang sehat dan alami karena semua bahan yang digunakan merupakan bahan alami dan bernilai gizi tinggi. Yoghurt bertekstur sedikit kental akibat dari aktivitas starter bakteri (streptococcus thermophillus dan lactobacillus bulgaricus). Yoghurt diamond memiliki cita rasa yang lembut karena mengandung susu sapi murni kaya kalsium yang diperoleh dari peternakan lokal di kabupaten Batu Jawa timur. Rasa asam akibat aktivitas starter bakteri lebih mendominasi dibandingkan rasa asam strawberry.
Yoghurt bermanfaat terutama bagi penderita lactose intolerance karena laktosa dalam susu telah diubah menjadi asam laktat dan kandungan enzim lactase yang berasal dari bakteri starter masih aktif. Starter bakteri yang digunakan merupakan starter bakteri unggul yang dibiakkan oleh ahli mikrobiologi berkompeten dalam pembiakan bakteri pangan olahan.
Warna merah muda didapatkan dari buah strawberry pilihan terbaik yang didapatkan langsung dari petani lokal malang. Buah strawberry berkhasiat untuk menjaga kesehatan mata karena dapat menurunkan degradasi mata, menjaga kesehatan kulit karena mengandung antioksidan, menjaga kesehatan jantung karena dapat menurukan resiko penyakit jantung dan stroke, menjaga kesehatan otak karena dapat menurunkan risiko penyakit alzheimer dan demensia,
Selain itu, produk yoghurt sendiri memiliki manfaat bagi kesehatan diantaranya adalah menghindarkan dan dapat mengobati diare, mengurangi resiko kanker pencernaan, dan dapat menurunkan kadar kolesterol.
Komposisi yoghurt diamond strawberry antara lain: susu sapi murni, starter yoghurt (streptococcus thermophillus dan lactobacillus bulgaricus), gula, dan strawberry. Kandungan nutrisi dalam yoghurt diamond strawberry dapat dilihat dalam tabel dibawah ini:
Kandungan nutrisi
Per 250 gr
Energi total
210 kkal
Lemak total
7 g
Karbohidrat total
31 g
Gula
28 g
Natrium
105 mg
Kalium
250 mg
Kalsium
25 %
Vitamin A
25 %
Vitamin D3
50%
Vitamin E
20 %
Vitamin B1
25 %
Vitamin B2
25 %
Vitamin B12
30 %
Fosfor
25 %



















Cara penggunaan produk : Produk siap makan

Rincian Proses:
Es krim Diamond
Proses prduksi pada ice cream terdiri atas proses regenerasi, pasteurisasi, homogenisasi, holding tube, precooling, cooling, aging, pelewatan pada pipa, pengisian pada hopper, pembekuan, pemasukan stik, pengemasan, metal detecting, hardener, cold storing dan distribusi.
Yoghurt Diamond
Proses produksi pada yoghurt terdiri atas proses pasteurisasi, homogenisasi, cooling down, inokulasi bakteri, inkubasi, penambahan bahan bahan tambahan, pengemasan, cold storing dan distribusi.

Deskripsi pengemasan dan penyimpanan:
Pengemasan produk es krim dan 250 ml menggunakan bahan plastik PPE berbentuk balok dengan kriteria food grade dan ecolabelling.
Pengemasan produk es krim dan yoghurt 250 ml menggunakan bahan  plastik PPE berbentuk botol dengan kriteria food grade dan ecolabelling.
Penyimpanan produk akhir dilakukan di dalam cold storage pada es krim suhu yang digunakan -19oC sedangkan  pada yoghurt pada suhu 2oC.
Produk diangkut menggunakan mobil box yang memiliki suhu sama dengan cold storage pada masing-masing produk.
Produk didistribusikan melalui distributor resmi yang memiliki unit display dingin yang telah dirancang memiliki suhu sama dengan cold storage untuk dijual sehingga mengurangi resiko penurunan kualitas produk. Produk tidak didistribusikan secara grosir

Deskripsi segmentasi pengguna dan konsumen:
Produk es krim dan yoghurt diamond memiliki spesifikasi konsumen yang sama. Produk ini tidak cocok untuk bayi dan aman dikonsumsi untuk usia 1 tahun ke atas. Selain itu, juga aman dikonsumsi oleh wanita hamil. Produk ini tidak disarankan bagi penderita alergi zat allergen yang terkandung pada strawberry.

Masa simpan :
Ice Cream : Produk akhir memiliki shelf life 1 tahun, selama disimpan pada suhu -19o C  atau lebih dingin
Yoghurt    :  Produk akhir memiliki shelf life 1 bulan, selama disimpan pada suhu 2oC







Tidak ada komentar:

Posting Komentar