Kamis, 20 Agustus 2015

RADIASI ELEKTROMAGNETIK (1)

EFEK RADIASI ELEKTROMAGNETIK TERHADAP KESEHATAN MANUSIA









Oleh:
ERVEN HAMIDA
101314353008





PROGRAM STUDI MAGISTER KESEHATAN LINGKUNGAN
FAKULTAS KESEHATAN MASYARAKAT
UNIVERSITASS AIRLANGGA
SURABAYA
2015

BAB I
PENDAHULUAN

1.1      Latar Belakang
      Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini semakin pesat guna memenuhi berbagai kebutuhan manusia. Peralatan elektronik dan listrik yang digunakan untuk memperoleh kemudahan maupun kenikmatan sebagian besar merupakan pemanfaatan energi yang bersumber dari medan elektromagnetik. Berbagai prasarana kehidupan antara lain dalam bidang kedokteran (kesehatan), transportasi, komunikasi dan manufaktur tidak lepas dari medan elektromagnetik, sehingga lingkungan manusia dikelilingi oleh radiasi elektromagnetik. Penggunaan alat yang dapat menghasilkan medan elektromagnetik baik sebagai dampak samping maupun pemanfaatan medan elektromagnetik itu sendiri sudah demikian meluas sehingga tingkat paparan medan elektromagnetik juga akan meningkat.
      Paparan lingkungan terhadap medan elektromagnetik buatan manusia telah terus meningkat selama abad 20 karena permintaan listrik meningkat, teknologi dan perubahan yang terus maju dalam perilaku sosial telah menciptakan lebih banyak sumber energi. Setiap manusia memiliki potensi terkena radiasi campuran kompleks listrik dan medan magnet yang lemah, baik di rumah maupun di tempat kerja, dari transmisi listrik, peralatan rumah tangga dan peralatan industri, telekomunikasi dan menara pemancar.
      Fungsi dan kegunaan medan elektromagnetik sangat besar bagi kehidupan manusia, akan tetapi terdapat suatu efek yang dapat ditimbulkan yaitu adanya radiasi medan listrik dan medan magnet itu sendiri. Seiring dengan peningkatan kualitas dan kuantitas pada penggunaan frekuensi tinggi, maka makin meningkat pula intensitas medan listrik dan medan magnet yang terjadi. Paparan medan elektromagnetik tersebut akan dapat memberikan efek negatif bagi lingkungan dan bagi kesehatan manusia. Terutama pada medan elektromagnetik yang tergolong sebagai frekuensi ekstrim rendah. Medan elektromagnetik frekuensi ekstrim rendah secara teori dapat mempengaruhi sistem biologi tubuh manusia. Pengaruh tersebut dapat membahayakan kesehatan manusia, tetapi selain itu ada kemungkinan paparan medan elektromagnetik tersebut dapat memberikan pengaruh yang positif bagi manusia.
      Makalah ini akan memaparkan tentang efek dari radiasi elektromagnetik terhadap kesehatan manusia. Kemudian akan mencoba untuk menganalisis definisi radiasi elektromagnetik, sumber radiasi elektromagnetik, efek radiasi elektromagnetik terhadap kesehatan manusia, mekanisme efek radiasi elektromagnetik terhadap kesehatan manusia, upaya pencegahan efek radiasi elektromagnetik terhadap kesehatan manusia. Sehingga diharapkan dapat bermanfaat bagi kehidupan manusia.

1.2      Tujuan
1.2.1 Tujuan Umum
      Pembuatan makalah ini bertujuan untuk menganalisis efek radiasi elektromagnetik terhadap kesehatan manusia.
1.2.2 Tujuan Khusus
1.  Menganalisis definisi radiasi elektromagnetik.
2.  Menganalisis sumber radiasi elektromagnetik.
3.  Menganalisis efek radiasi elektromagnetik terhadap kesehatan manusia.
4.  Menganalisis mekanisme efek radiasi elektromagnetik terhadap kesehatan manusia.
5.  Menganalisis upaya pencegahan efek radiasi elektromagnetik terhadap kesehatan manusia.

1.3      Manfaat
1.3.1 Bagi Masyarakat
1.  Masyarakat mengetahui gejala dari efek radiasi elektromagnetik terhadap kesehatan manusia.
2.  Masyarakat mengetahui cara pencegahan dan ikut berpatisipasi dalam upaya pengendalian efek radiasi elektromagnetik terhadap kesehatan manusia.

1.3.1 Bagi Institusi
1.  Bagi institusi dan seluruh perusahaan pengguna sumber elektromagnetik yang ada di Indonesia agar dapat mematuhi peraturan perundang-undangan yang berlaku mengenai pengelolaan radiasi elektromagnetik.
2.  Bagi institusi dan seluruh perusahaan pengguna sumber elektromagnetik yang ada di Indonesia dapat menjaga keberlanjutan lingkungan hidup dan meminimalisasi efek negatif yang akan mengganggu kesehatan manusia.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar